Lumajang Gencarkan Gerakan Pasar Murah, Agar Masyarakat Peroleh Harga Pangan Terjangkau

Dalam upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur telah menggelar Gerakan Pangan Murah di Alun-alun Lumajang, Senin (1/4/2024). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen berkesinambungan pemerintah untuk membantu masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono menyatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif yang telah dilaksanakan berulang kali, dan kali ini diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

"Dalam Gerakan Pangan Murah ini, kami menyediakan berbagai jenis bahan pangan dengan harga yang terjangkau, termasuk beras, bawang, cabai, gula, telur ayam, minyak goreng, serta produk-produk hasil UMKM," kata Agus Triyono.

Dirinya juga menyampaikan harapannya agar Gerakan Pangan Murah tersebut dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, terutama di sekitar wilayah Alun-alun Lumajang.

"Kami berharap pasar murah ini dapat membantu masyarakat sekitar. Namun, kami juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aksi borong, karena hal tersebut dapat mengurangi ketersediaan barang bagi masyarakat lain yang juga membutuhkan," harapnya.

Berikut adalah daftar harga bahan pangan yang ditawarkan dalam Gerakan Pangan Murah:

Beras SPHP: Rp51.000 per 5 kg

Bawang Merah: Rp22.000 per kg

Bawang Putih: Rp17.000 per setengah kg

Cabai Merah Besar: Rp6000 per seperempat kg

Telur Ayam: Rp25.000 per kg

Cabai Rawit Merah: Rp5000 per seperempat kg

Gula Pasir: Rp15.500 per kg

Minyak Goreng: Rp14.000 per liter

Melalui Gerakan Pangan Murah tersebut, Pemerintah Kabupaten Lumajang berusaha memberikan solusi konkret dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan mengatasi masalah ketersediaan dan harga bahan pangan. (Kominfo-lmj/Ard)